SEJARAH
Game maker (yang biasa
disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC,
yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma
Delphi. Sekarang ini dikembangkan dan di publikasikan oleh
YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalam
nya.
Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
GameMaker mempunyai
sebuah nomor program yang dapat dikolaborasikan dengan pemrograman nya termasuk
ENIGMA Development Environment , Open Source Linux/iOS/Windows kompatibel augmentasi
GameMaker dan Ulltimate 3D yang rendering grafik 3D luas untuk GameMaker grafik
awal yang utama.
GameMaker yang awal nya berjudul Animo,
sebuah program spesialis dalam animasi 2D. Overmarsed merilis versi publik
pertama (versi 1.1) pada 15 November 1999
FITUR
Ada dua versi
dari software GameMaker ditawarkan pada Windows dan Mac. Versi The Lite adalah
versi gratis digunakan, namun hanya ada beberapa keterbatasan. Versi The
Standarad adalah versi berbayar.
Kemampuan
Grafik
Gamemaker
terutama menjalankan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis dalam
gamemaker mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama,
memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih
efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dimulau
dengan versi 6.0 pada windows, GameMaker menambahkan Direct3D, mengizinkan
keterbatasan grafik 3D. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan diatas nya, OpenGL
digunakan untuk grafik 3D serta mengizinkan batasan support pada simple objek 3D.
Bahasa
GameMaker
Bahasa
GameMaker (GML) diutamakan bahasa skripting yang digunakan pada GameMaker. Itu
memngizinkan user untuk lebih meningkatkan dan mengontrol desain mereka
melewati prgramming konvensional. Yang bertentangan dengan sistem
drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C +
+ dan Java, secara efektif memanfaatkan Object-oriented programming.
Spersifikasi
yang dibutuhkan :
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk
GameMaker Studio
- Windows
XP, Windows
Vista, Windows 7 or Windows
8.
- 512MB RAM
- 128MB VGA
- Resolusi
layar 1024×600
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game
Maker 8.x:
- Windows
2000, Windows XP, Windows
Vista or Windows
7, Mac OS X 10.5 atau Mac OS X 10.6
- DirectX
8 atau
diatasnya
- DirectX
8 kompatibel
kartu grafik minimal 32MB VGA
- Pentium atau
seimbang dengan processor
- DirectX
8 kompatible
soundcard
- 128 MB RAM atau
lebih
- 800×600 atau lebih, dengan resolusi layar
16-bit atau 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game
Maker 7.x:
- Windows
2000, Windows XP, Windows
Vista, Windows 7
- DirectX
8 atau
diatasnya (Windows)
/ OpenGL (Macintosh)
- DirectX
8 kompatibel
kartu grafik minimal 32MB VGA (Windows) or OpenGL
kompatibel kartu grafik (Macintosh)
- Pentium or
equivalent processor (Windows)
or Intel processor
(Macintosh)
- DirectX
8 kompatibel
kartu grafik (Windows)
- 128 MB RAM atau
lebih
- 800×600 atau
lebih, dengan resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Spesifikasi yang dibutuhkan untuk Game
Maker 6.x:
- Windows
98, Windows ME, Windows
2000, Windows XP
- DirectX
8 atau
diatasnya
- DirectX
8 kompatibel
kartu grafik minimal 16MB VGA (32MB atau lebih direkomendasikan)
- Pentium atau
processor yang seimbang
- DirectX
8 kompatibel
kartu grafis
- 64 MB RAM atau
lebih
- 800×600 atau lebih
denagn resolusi layar 16-bit or 32-bit colors
Alasan
Menggunakan GameMaker :
-Mudah digunakan karena ada fasilitas
Drag n Drop
-Tidak mengacu pada satu jenis game,
bisa di jenis apa saja
-Lengkap dengan prgram pendukung
-tidak perlu mahir bahasa pemrograman
Bagian - Bagian Game Maker
Di dalam game maker terdapat
baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game
maker.
·
Sprites : Gambar dari semua objek dalam
game, berisi lebih dari satu gambar
·
Sound : efek suara yang ada pada game yang dibuat
·
Backgrouds :
gambar latar belakang dari sebuah game yang dibuat
·
Pahts : lintasan yang diikuti sebuah
objek dalam game
·
Scripts : bahasa pemrograman yang diberikan
pada game
·
Fonts : huruf yang digunakan dalam game
·
Time Lines : pemberian waktu pada game
·
Objects : merupakan siapa saja yang bertindak
dalam game
·
Rooms :ruang dimana game berjalan atau
game diletakkan
·
Events : pergerakan yang dilakukan suatu
objek
·
Game Option : opsi
dalam game
·
Game Information : informasi
dalam game
GAMBARAN GAME YANG AKAN DIBUAT
Untuk
game nya, saya sendiri belum menentukan judul nya, namun gambaran nya seperti
ini. Ada seorang tokoh utama yang berusaha mengumpulkan koin/harta dari start
hingga finish. Namun terhalang oleh rintangan dan monster. Tokoh utama nya pun
bisa mengeksekusi monster nya (diusahakan bisa).
Game
ini terdiri dari 2 level. Game akan berakhir bila darah sang tokoh utama habis,
atau waktu nya telah habis.
Sumber :
en.wikipedia.org/wiki/Game_Maker
Tidak ada komentar:
Posting Komentar