Laman

Rabu, 20 Maret 2013

Definisi GAMES serta jenis-jenis nya


Sejarah Game
            Dahulu, AS Douglas membuat game Tic Tac Toe menggunakan vakum komputer pada tahun 1952. Kemudian pada tahun 1958, Willy Higginbotham membuat game Tennis For Two (Pong) yang berjalan di osiloskop yang terhubung ke analog Donner computer.
            Game generasi pertama muncul dari ATARI 2600. ATARI 2600 merupakan konsole game pertama yang sukse di masa nya, dan konsol ini dirilis pada Okotober 1977. Setelah itu dikena dengan nama VCS (Video Computer System)


Game generasi kedua, munculah ATARI 7800. Konsol ini dirilis pada Juni 1986. ATARI 7800 ada sedikit kemajuan dari konsol “adik” nya, yaitu dengan menambahkan joystik, sehingga user lebih mudah dalam memainkan game pada konsol ini. Namun harga konsol ini sangat mahal, sekitar 140$. Pada zaman nya, itu termasuk mahal. NES Nitendo pun menghasilkan produk game yang menggunakan 8 Bit. Dengan menciptakan Mario Bros.
Game Generasi ketiga, dengan jaman nya 16 bit, Sega Mega Drive lah yang pertama membuat nya. Yang dirilis pada tahun 1988. Dengan game andalan nya, Sonic The Hedgehog . Menurut saya, Mario Bros dan Sonic The Hedgehog merupakan game Legenda.

Game Generasi keempat, pada generasi ini produsen game mulai menjamur dan game pun semakin berkembang pesat. Pada generasi ini lahir lah Playstation yang menggunakan 32 Bit. Dan termasuk konsol yang terlaris di dunia
Game Generasi kelima, generasi ini mungkin adalah pengembangan dari generasi keempat. Contoh nya Playstation mulai mengembangkan  Konsol nya, menjadi Playstation 2. Dan Playstation memiliki banyak pesaing, seperti Xbox, SeGa Saturn, Dreamcast dan banyak perusahaan yang mulai memproduksi konsol game.
Dan pada zaman sekarang, sudah mulai pesat perkembangan game. Sampai sampai kita bisa mengikuti apa yang harus dilakukan dalam game tersebut, seperti berlari, memukul dan gerakan lain nya. Seperti pada konsol Wii dari Nintendo.

DEFINISI GAME

Game adalah permainan, yaitu kegiatan yang berisi sistem atau konflik yang harus diselesaikan, seorang pemain harus menyelesaikan konflik tersebut. Game itu bertujuan untuk menghibur diri agar terhindar dari kepenatan dan dijadikan sebagai penyegar pikiran.  Game/permainan disukai oleh berbagai kalangan, dari bayi hingga kakek-nenek. Waktu bayi pun kita pernah memainkan permainan, seperti mencocokan bentuk serta warna atau bermain mobil-mobilan , robot-robotan, boneka dll. Game sebenarnya bermanfaat bagi otak kita, karena otak kita dilatih untuk memecahkan suatu masalah/konflik dengan cepat dan tepat. Serta game juga melatih kita berkosentrasi saat menyelesaikan konflik terebut. Contoh seperti game perang, kita dituntut untuk bisa menyerang pasukan lawan menggunakan starategi terbaik dan menimalkan kita terserang dari pasukan lawan. Namun game juga dapat merugikan kita, jika kita sudah kecanduan game, maka kita bisa lupa waktu dan meninggalkan kegiatan penting yang lain nya. Seperti kejadian di Korea, seorang pemuda bermain game online Starcraft selama 3 hari berturut-turut tanpa henti, sehingga membuat nya meninggal, diduga pemuda tersebut terkena serangan jantung akibat sering bermain tanpa henti dan tidak istirahat.

KLASIFIKASI DAN ELEMEN GAME
Alat
Banyak alat yang bisa digunakan untuk bermain sebuah game, seperti bola, kartu, catur, komputer. Namun ada juga game yang tidak perlu menggunakan alat, seperti petak umpet, benteng-bentengan yang hanya membutuhkan sebuah lapangan atau area yang bisa digunakan dalam permainan tersebut.

Aturan
Rules atau aturan sangat diperlukan untuk memainkan sebuah game, sehingga orang tidak “asal” memainkan nya. Seperti bermain sepak bola, bola harus digiring  menggunakan kaki, tidak boleh keluar garis, tidak boleh bermain kasar terhadap pemain dan masih banyak lagi peraturan dalam sepak bola. Begitu juga untuk permaian jenis lain, sangat perlu menggunakan peraturan.

Skill, Strategi dan kesempatan
Dalam permainan, kemampuan dalam bermain serta strategi sangat diperlukan untuk memenangkan sebuah permaianan. Seperti pada catur, kemampuan otak kita dilatih untuk menyusun strategi untuk mengalahkan lawan dan bagaimana cara “memakan” bidak lawan.

TIPE
Olahraga
Permainan tipe ini biasa nya menggunakan area yang cukup luas, seperti lapangan.

-Sepak bola
-Basket
-Catur
-Baseball
-Rugby






Board Game

Board game, biasanya game dimainkan hanya menggunakan area kecil, biasa nya hanya bermain menggunakan benda-benda kecil, yang mudah untuk dipindahkan, diambil dan disimpan.
-Kartu
-Parcheesi
-Ular tangga
-Monopoli

Video Games

Video Games biasa dimainkan menggunakan konsol atau komputer. Komputer dapat membuat permainan lebih luas dan lebih bervariasi. Seperti jenis permainan yang sudah disebutkan, sekarang dapat dimainkan versi konsol nya. Game konsol pertama didunia bernama Pong, yang dapat mensimulasikan permainan tenis meja.
Dalam video game, ada beberapa genre game yang bisa kita mainkan

-Pertarungan (Fighting)

Pada genre ini, pemain dituntut untuk menggerakan karakter untuk mengalahkan lawan nya. Game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing dalam memainkan nya. Inti dari game ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting. Contoh nya seperti  Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter 

-Tembak (Shooting)

Genre ini, pemain bisa menembak menggunakan senjata yang disediakan untuk mengalahkan musuh nya. Game ini juga sama seperti genre fighting yaitu  sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing dalam memainkan nya. Inti dari game jenis ini adalah menembak. Contoh nya seperti Counter Strike dan Call of Duty

-Petualangan(Adventure)

Pada jenis ini karakter pada game bisa berjalan, berlari melewati hutan dan batu, melompat dari pohon ke pohon atau melompati mobil, mengambil item penting digunakan, mengalahkan musuh yang menghadang didepan. Pada jenis ini, game ditekan kan pada jalan cerita dari suatu karakter.Contoh nya seperti Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia .

-Simulasi(Simulation)

Game simulasi dibuat untuk menggambarkan dunia nyata sedetil mungkin. Seperti mencari jodoh, pekerjaan. Atau kita mengendarai pesawat terbang tanpa harus mempunyai lisensi khusus pilot. Bisa menjadi seorang walikota dari sebuah kota yang kita buat sendiri. Dan masih banyak lagi. Contoh nya seperti The Sims, Flight Simulator, The Sims City.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar