Laman

Jumat, 09 Maret 2012

Sejarah Internet dan Web


Sejarah Internet 

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang dibuat  Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Yang  membuat kita bisa berkomunikasi jarak jauh tanpa bertatapan secara langsung.

 
Pada waktu itu, departeman pertahan amerika serikat membuat jaringan komputer ini bertujuan untuk kerperluan militer. Jadi komputer pusat dengan komputer lain nya dihubungkan dengan komputer lain nya agar bisa mendapatakan informasi penting dari luar secara cepat.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan jaringan ke empat situs tertentu saja, namun pada Oktober 1972, ARPANET mulai memperkenalkan kepada publik, sehingga dipakai ke sejumlah Universitas dan Negara lain nya di dunia.
Tahun 1971 Ray Tomlison menciptakan “e-mail” untuk ARPANET begitu mudah sehingga cepat tersebar ke seluruh dunia.
Pada zaman era modern seperti sekarang, internet sudah seperti menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Seperti berkomunikasi, mencari ilmu,”berkeliling dunia” kita menggunakan internet.Internet sudah menjadi lifestyle. Seperti salah satu jejaring social terkenal saat ini, Facebook. Seluruh orang di dunia, dapat saling “bertemu” satu dengan yang lain nya, mau itu dari Indonesia,Amerika, Inggris, dan lain-lain kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Adanya Yahoo!, kita bisa mengirim surat ke kerabat kita dalam hitungan detik, walaupun kerabat kita berada di luar kota.

Sejarah Web

                Situs web atau bahasa inggris nya yaitu website atau yang biasa kita sebut situs. Sebuah situs biasanya dihubungkan dengan server inter atau jaringan wilayah local (LAN) melalui alamat internet yang biasa disebut URL. Gabungan semua situs yang dapat kita akses di internet disebut Waring Wera Wanua atau nyang biasa kita kenal dengan WWW. Walaupun tak semua situs dapat diakses oleh kita, karena ada beberapa situs bila kita ingin mendalami nya lebih jauh harus mendaftar sebagai anggota adapun yang berbayar.Pembatasan ini dilakukan karena untuk menjaga privasi dan menemukan konten yang berbahaya, seperti pornografi, sara, kekerasan dan lain-lain.
                Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.Halaman web yang diakses user melaluui protocol komunikasi disebut HTTP.
                Penemu website yaitu Sir Timothy John Tim Berneers Lee pada tahun 1991. Timothy bertujuan membuat website agar memudahkan nya mengirim informasi tentang pekerjaan. Pada tahun 30 Mei 1993 tim mengumumkan WWW bisa diakses gratis kepada public.

Situs Web Statis

Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:
  • Editor teks merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
  • Editor WYSIWYG, merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
  • Editor berbasis template, beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar