Laman

Senin, 10 Maret 2014

Perkembangan Komputasi Modern dan Implementasi nya

Definisi Komputasi Modern
Sebelum mengetahui tentang perkembangan komputasi modern, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi Komputasi Modern. Komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritmaProses komputasi zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu yang melakukan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. 



Komputasi


Namun pada zaman modern, banyak kegiatan komputasi menggunakan komputer. Sehingga definisi Komputasi Modern merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas. 

Komputasi modern ini di cetuskan dan tokoh di balik semua ini yaitu John Von Neumann, Beliau merupakan ilmuan besar saat ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory dan dikenal sebagai arsitektur komputer modern.

John Von Neumann


Perkembangan Komputasi Modern

Perhitungan komputasi modern yaitu seperti :
  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hertz - Hz.)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA), dan
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)




Macam-Macam Komputasi Modern

Komputasi Modern digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada, jenis perhitungan komputasi modern yaitu seperti :

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Contoh : GPS, Smartphone

2. Grid computing


Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar memanfaatkan sumber daya komputasi dari berbagai organisasi yang berbeda secara bersama-sama.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Contoh : Google Drive, Droppbox

Beberapa contoh implementasi Komputasi Modern diberbagai bidang, antara lain :
1. Matematika : Penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, perhitungan matematik yang sangat rumit, dapat diselesaikan dengan cepat. Sehingga bisa cepat mengerjakan pekerjaan yang menggunakan perhitungan matematik yang berskala besar.

2. Fisika : menyelesaikan permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandingkan hubungan antara medan magnet dengan panjang kawat.

3. Kimia : algoritma dan program komputer dapat digunakan untuk memungkinkan peramalan sifat-sifat atom dan molekul. Kajian komputasi juga dapat dilakukan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium, serta memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.

4. Ekonomi : mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.

5. Geologi : penganalisaan zat-zat yang terkandung didalam tanah, seperti minyak, mineral, emas dsb.

6. Geografi : dapat digunakan untuk, memetakan sebuah daerah. contohnya GIS (Geographic Information System) dengan teknologi ini muncul perangkat baru seperi GPS, yang memudahkan dalam pencarian rute perjalanan.



referensi : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://lautansemesta.blogdetik.com/donwload/perkembangan-komputasi-modern/
http://dunianewbie.blogspot.com/2013/04/perkembangan-komputasi-modern.html
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
http://hikarunamie.wordpress.com/2011/06/03/penjelasan-singkat-komputasi-modern/
http://flashintata.blogspot.com/2013/04/komputasi-modern-teori-dan-implementasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar